Kelebihan dan Kekurangan Perpustakaan Online atau Perpustakaan Digital

Kelebihan perpustakaan online atau perpustakaan digital antara lain :
Tidak ada batas fisik. Pengguna perpustakaan digital tidak perlu pergi ke perpustakaan secara fisik; orang dari seluruh dunia dapat memperoleh akses ke informasi yang sama, selama koneksi internet tersedia.

  •     Keuntungan utama dari perpustakaan digital adalah bahwa orang dapat memperoleh akses informasi selama 24 jam /7 hari.
  •     Akses Bersama. Sumber daya yang sama dapat digunakan secara bersamaan oleh sejumlah lembaga dan pelanggan. Ini mungkin tidak menjadi kasus untuk materi berhak cipta: perpustakaan mungkin memiliki izin untuk “meminjamkan” hanya satu salinan dalam satu waktu; ini dicapai dengan sistem manajemen hak digital di mana sumber daya dapat menjadi tidak dapat diakses setelah berakhirnya masa peminjaman atau setelah pemberi pinjaman memilih untuk membuatnya tidak dapat diakses (setara dengan mengembalikan sumber daya).
  •     Pencarian informasi. Pengguna dapat menggunakan istilah pencarian (kata, frasa, judul, nama, subjek) untuk mencari seluruh koleksi. Perpustakaan digital dapat menyediakan interface yang sangat ramah bagi pengguna dengan hanya melakukan klik maka kita sudah mendapatkan sumber dayanya.
  •     Preservasi dan konservasi. Digitalisasi bukanlah solusi pelestarian jangka panjang untuk koleksi fisik, tetapi hal ini akan berhasil dalam menyediakan akses salinan bahan yang lebih tahan dari kerusakan.
  •     Ruang. perpustakaan tradisional dibatasi oleh ruang penyimpanan, namun perpustakaan digital memiliki potensi untuk menyimpan lebih banyak informasi, hanya karena informasi digital memerlukan ruang fisik yang sangat sedikit untuk penyimpanan dan teknologi media penyimpanan yang lebih terjangkau dari sebelumnya.
  •     Nilai tambah. Karakteristik tertentu dari objek, terutama kualitas gambar, dapat diperbaiki. Digitalisasi dapat meningkatkan keterbacaan dan menghapus kelemahan yang terlihat seperti noda dan perubahan warna.
  •     Mudah diakses.


Kelemahan perpustakaan online atau perpustakaan digital antara lain :

    Tidak semua dokumen dapat dilakukan digitasi dengan mudah.
    Dokumen berhak cipta akan memerlukan persyaratan khusus untuk dapat dilakukan digitasi.